Selasa, 12 Juli 2011

DAMPAK ERUPSI TERHADAP VEGETASI

Dampak utama terhadap vegetasi dipengaruhi oleh tipe erupsi yang terjadi dan juga energy yang terbentuk akibat bentuk lereng yang terjal yang bisa membentuk energy yang besar terhadap material-material yang meluncur. Sehingga mengakibatkan hancurnya vegetasi di sekitar gunung bahkan bisa juga sampai ke vegetasi yang jauh akan tetapi terjangkau oleh material-material karena ada media yang membawa ketempat tersebut. Vegetasi akan sulit tumbuh lagi di daerah tersebut sampai kurang lebih 1 tahun untuk bisa kondisi tanah tumbuh vegetasi baru. Ekosistem yang ada jiga akan rusak bahkan rantai makanan yang ada akan terputus.
Dampak sekunder terjadi karena akibat setelah erupsi terjadi,seperti perubahan iklim, perubahan kondisi tanah, dan juga peningkatan karbondioksida sehingga akan merubah iklim, suhu dan menghambat pertumbuhan vegetasi yang akan tumbuh di daerah yang terkena erupsi. Peningkatan konsentrasi gas-gas atmosfer seperti karbon dioksida dapat hasil dari letusan gunung berapi dan memiliki dampak pada tanaman di daerah setempat atau bahkan seluruh dunia. Karena karbon dioksida ketersediaan umumnya dianggap untuk membatasi pertumbuhan tanaman, peningkatan lokal di dioksida karbon sebenarnya dapat meningkatkan pertumbuhan dan reproduksi tanaman bertahan hidup atau kolonial. Dampak global karbon dioksida meningkat dapat terjadi jika perubahan yang cukup untuk mengubah kondisi global. Selama proses pembentukan bumi, kegiatan tersebut terjadi, tapi letusan modern seperti yang dari Mt. Pinatubo di Filipina juga telah mempengaruhi kondisi karbon dioksida global. Pada tingkat lokal, aktivitas gunung berapi dapat meningkatkan konsentrasi sulfur dioksida pada atmosfer yang melukai tanaman (Pemenang dan Mooney, 1980). Worldwide perubahan dalam komposisi kimia atmosfer dan dari jumlah partikel, kedua konsekuensi dari aktivitas gunung berapi, mungkin telah diubah terakhir cuaca, iklim, dan kesejahteraan organisme (Webb dan Bartlein, 1992).
Erupsi adalah fenomena keluarnya magma dari dalam bumi. Erupsi dapat dibedakan menjadi erupsi letusan (explosive erupstion) dan erupsi non-letusan (non-explosive eruption). Jenis erupsi yang terjadi ditentukan oleh banyak hal seperti kekentalan magma, kandungan gas di dalam magma, pengaruh air tanah, dan kedalaman dapur magma (magma chamber). Kekentalan magma dan kandungan gas di dalam magma ditentukan oleh komposisi kimia magma. Pada erupsi letusan, proses keluarnya magma disertai tekanan yang sangat kuat sehingga melontarkan material padat yang berasal dari magma maupun tubuh gunungapi ke angkasa. Pada erupsi non-letusan, magma keluar dalam bentuk lelehan lava atau pancuran lava (lava fountain), gas atau uap air.
II.2 Dampak Utama
Dampak utama dari aktivitas gunung berapi pada vegetasi berhubungan dengan jenis spesifik dari aktivitas gunung berapi . Kami membagi kegiatan vulkanik menjadi enam kategori: pembentukan lava, aliran piroklastik, longsoran puing, lumpur, deposisi tephra dan abu, dan blowdown. Selama waktu siklus letusan, gunung berapi yang paling menghasilkan lebih dari satu jenis aktivitas gunung berapi dan dapat memiliki efek yang kompleks pada vegetasi . Formasi Lava terjadi ketika batuan cair datang ke permukaan, bergerak jarak bervariasi, dan mendinginkan, membentuk batuan padat.
Perilaku aliran tergantung pada viskositas lava, yang dipengaruhi oleh kandungan silika suhu, dan jumlah gas terlarut dan padatan di dalamnya. Panas dan gas yang terkait dengan lahar juga dapat memiliki efek merusak pada vegetasi sekitarnya. Sebuah transisi yang sangat tiba-tiba sering diamati vegetasi yang masih hidup dan batu yang baru terbentuk. Sering, kebakaran membakar vegetasi dalam bentuk strip sepanjang perimeter aliran lava (Smathers dan Mueller-Dombois, 1974). Kebakaran ini membakar vegetasi atau bangunan yang dibangun di jalur aliran lava, dan kebakaran seperti itu dapat tersebar di wilayah yang besar.
Para kerusakan mekanik pohon dengan memindahkan lava juga cukup destruktif, seperti yang diamati pada Par'ıcutin di Meksiko (Inbar et al, 1994.). Letusan terakhir di Kilauea Iki di Hawaii memberikan contoh terbaik saat ini efek beragam lava pada vegetasi (Smathers dan Mueller-Dombois, 1974). arus piroklastik terjadi ketika sangat panas (sering lebih dari 700 o C), lolos bahan pijar dari kawah gunung berapi.
Bagian padat dari bahan dikeluarkan pelukan tanah dan mengikuti topografi diam-diam, bergerak dengan kekuatan besar dan kecepatan (sampai 200 km / jam). Mengalir menghasilkan massa unsorted dan heterogen yang biasanya menghancurkan semua vegetasi di jalan dengan baik gas-gas beracun yang dilepaskan, panas dari rilis, atau penguburan. aliran piroklastik yang berhubungan dengan letusan Plinian dan telah diamati, misalnya, di gunung berapi di Meksiko, Gunung St Helens di negara bagian Washington di Amerika Serikat, dan Vesuvius di Italia. Meskipun letusan piroklastik tidak seperti biasa seperti aliran lava, dampaknya pada vegetasi adalah sama segera dan merusak.

II.3 Dampak Sekunder
Letusan gunung berapi menghasilkan sejumlah efek sekunder pada vegetasi termasuk perubahan iklim, perubahan tanah, dan peningkatan karbon dioksida. Perubahan iklim yang paling terkenal disebabkan oleh aktivitas gunung berapi mengikuti letusan Tambora tahun 1815. Memang, 1816 ini umumnya dikenal sebagai Tahun''tanpa Summer "karena abu yang mengelilingi dunia mengurangi sinar matahari menembus ke bumi. Bahkan salju turun di Amerika Serikat pada bulan Juli tahun itu. Efek ini adalah perubahan iklim jangka pendek yang menyebabkan penurunan produksi pertanian. Letusan dari Par'ıcutin di Meksiko meningkatkan curah hujan di wilayah (Eggler, 1948). Dampak lain vulkanik pada iklim yang dihasilkan dari letusan Kilauea Iki di Hawaii, perubahan kondisi lembab khas untuk kekeringan musim panas. Pengendapan di daerah tersebut menurun dari sekitar 2400-1300 mm per tahun (Smathers dan Mueller-Dombois, 1974). Tanah perubahan mungkin dampak yang paling dramatis dan jangka panjang dari letusan gunung berapi. Letusan sebab material baru yang akan diletakkan di tempat dalam bentuk lava, puing-puing, lumpur, atau tephra. material dapat bertindak sebagai mulsa yang mengurangi kompetisi antara tanaman lain. Namun, kekerasan beberapa bahan bisa menjadi kerugian bagi invasi dan pendirian pabrik baru. Lava mengalir menyajikan habitat yang paling tidak ramah untuk kolonisasi tanaman, seperti yang dicatat di Isla Fernandina di Ekuador (Hendrix, 1981). Contoh lain terjadi di Pulau Wizard pusat di Oregon, Amerika Serikat, di mana kondisi parah pada karang terkena lava telah dikeluarkan semua tumbuhan kecuali lumut crustose (Jackson dan penebang, 1973).
Peningkatan konsentrasi gas-gas atmosfer seperti karbon dioksida dapat hasil dari letusan gunung berapi dan memiliki dampak pada tanaman di daerah setempat atau bahkan seluruh dunia. Karena karbon dioksida ketersediaan umumnya dianggap untuk membatasi pertumbuhan tanaman, peningkatan lokal di dioksida karbon sebenarnya dapat meningkatkan pertumbuhan dan reproduksi tanaman bertahan hidup atau kolonial. Dampak global karbon dioksida meningkat dapat terjadi jika perubahan yang cukup untuk mengubah kondisi global. Selama proses pembentukan bumi, kegiatan tersebut terjadi, tapi letusan modern seperti yang dari Mt. Pinatubo di Filipina juga telah mempengaruhi kondisi karbon dioksida global. Pada tingkat lokal, aktivitas gunung berapi dapat meningkatkan konsentrasi sulfur dioksida pada atmosfer yang melukai tanaman (Pemenang dan Mooney, 1980). Worldwide perubahan dalam komposisi kimia atmosfer dan dari jumlah partikel, kedua konsekuensi dari aktivitas gunung berapi, mungkin telah diubah terakhir cuaca, iklim, dan kesejahteraan organisme (Webb dan Bartlein, 1992). Faktor-faktor yang mempengaruhi kelangsungan hidup Baik acara dan vegetasi memiliki karakteristik yang mempengaruhi kemampuan tanaman untuk bertahan hidup letusan gunung berapi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar